Bahaya Mengonsumsi Beras yang Memiliki Kutu

Bahaya Mengonsumsi Beras yang Memiliki Kutu

Beras berkutu kerap ditemui di tempat penyimpanan. Bahkan kadang juga ditemui pada beras yang dijual di pasar.

Hal ini tentu sangat berbahaya untuk konsumen. Apalagi jika kutu beras sampai termakan, bisa mengakibatkan kesehatan terganggu.

Dampak Akibat Mengkonsumsi Beras yang Berkutu

Ada beberapa dampak kesehatan bagi orang yang mengonsumsi kutu beras seperti :

1. Perut Mual

Mengonsumsi beras berkutu yang telah dimasak menjadi nasi dapat menyebabkan reaksi penolakan bagi tubuh. Inilah kemudian mengakibatkan orang mual setelah memakan kutu beras.

2. Muntah

Khusus pada anak-anak, kutu beras yang tertelan bisa mengakibatkan muntah. Itu akibat, adanya benda asing yang masuk ke tubuhnya.

3. Kulit Gatal

Efek lain yang ditimbulkan jika terlanjur mengonsumsi beras pada nasi yakni bisa mengakibatkan gatal – gatal. Ini biasa terjadi pada anak – anak dan sebagian kecil pada orang dewasa.

4. Kekurangan Nutrisi

Beras berkutu yang telah dimasak tentu akan mengakibatkan nasi kekurangan nutrisi. Hal ini tidak baik bagi kesehatan.

5. Kualitas dan Rasa Berubah

Beras yang berkutu tentu akan merubah kualitas ketika dimasak menjadi nasi. Jika yang berkualitas lebih terasa gurih, namun yang terlanjur berkutu akan terasa tawar. Juga aroma nasi akan berubah.

Jika sudah mengetahui bahaya mengonsumsi beras berkutu, ada baiknya agar menghindarkan beras dari serangan hama. Khusus untuk Ibu Rumah Tangga, selalu menempatkan beras di tempat yang aman.

Sedangkan jika Anda seorang pedagang atau pengusaha beras, ada baiknya melakukan beberapa upaya agar beras aman dari kutu.

  • Pertama, selalu jaga kebersihan gudang beras dari debu dan juga butiran beras yang jatuh ke lantai. Agar pembesihan maksimal, Anda baiknya menggunakan pengisap debu atau vacum cleaner.
  • Kedua, susun beras dengan rapi. Ini agar supaya ketika mengeluarkan beras tidak merusak karung beras lainnya. Jika karung terlanjur rusak, di situlah ada peluang beras diserang kutu.
  • Ketiga, selalu perhatikan suhu dan kelembapan ruang gudang. Ini sangatlah penting, sebab kutu menyukai suhu tertentu untuk bisa berkembang biak.
  • Keempat, lakukan sanitasi gudang dengan menggunakan insektisida yang aman. Salah satu yang direkomendasikan yakni menggunakan SILOGUD 250 EC.

Insektisida ini dijamin tidak akan membuat gudang Anda berbau. Juga tidak meninggalkan noda pada lantai, dinding, dan langit – langit gudang.

Pengaplikasian insektisida khusus sanitasi ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni spraying (penyemprotan) dan juga fogging (pengasapan).

Hubungi agen resmi SILOGUD 250 EC agar bisa mendapatkan informasi detail terkait dengan produk ini. Juga bisa mengetahui pengaplikasiannya dengan tepat.

  • Kelima, jika gudang terlanjur diserang kutu Anda harus segera melakukan fumigasi. Obat fumigasi yang paling dianjurkan adalah FUMIPHOS 56 TB.

Fumigan atau obat fumigasi ini sudah terbukti sangat ampuh membunug kutu beras. Bentuknya tablet, dan penggunaannya sangat aman bagi beras. Tidak meninggalkan residu, tidak merubah rasa, juga tidak mengurangi nilai gizi beras.

Kontak Panca Prima WIjaya

Untuk mengetahui membeli dua produk yang direkomendasikan dalam memberantas kutu beras, hubungi langsung PT Panca Prima Wijaya di melalui website obatfumigasi.com dengan menghubungi kontak person yang telah tersedia. (*)

Bahaya Mengonsumsi Beras yang Memiliki Kutu
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...