Begini Cara Menyimpan Beras Agar Tidak Mudah Berkutu

obat kutu beras

OBATFUMIGASI.COM – Seringkali kita menemukan beras yang tiba-tiba berkutu, anda perlu tahu bahwa beras bisa saja berkutu karena ada faktor lain misalnya anda menyimpan beras tidak tepat. Perlu anda ketahui bahwa beras bisa berkutu kerena tempat penyimpanan beras di simpan di sembarang tempat sehingga kutu mulai menyerang beras tersebut. Misalnya anda menyimpan beras di tempat yang kurang bersih atau di tempat yang lembab dan mudah basah, itu semua bisa menarik perhatian dari kutu tersebut untuk menyerang beras.

Memang kutu beras (kumbang beras)tidak terlalu berbahaya, akan tetapi beras bisa saja kehilangan nutrisi serta kualitasnya. Maka dari itu hendaklah kita memperhatikan cara penyimpanan beras dengan baik agar beras tidak mudah berkutu.

Cara menyimpan beras agar tidak berkutu

  • Sediakan tempat penyimpanan beras yang bersih

Perhatikan tempat penyimpanan beras dengan keadaan yang bersih. Periksalah dengan teliti apa ada kutu atau hama di tempat tersebut. Sebelum menyimpan beras usahakan untuk membersihkan setiap sela-sela tempat tersebut kemudian keringkan dengan kain bersih sebelum dipakai.

  • Pastikan kebersihan tempat di sekitar beras

Anda juga harus memastikan kebersihan dari tempat penyimpanan beras lainnya, seperti kacang atau tepung. Apabila ada bahan makanan kering lainnya terserang kutu, maka anda perlu menjauhkan dari penyimpanan beras agar tidak mudah berpindah dari beras.

  • Pindahkan beras ke tempat yang tertutup

Untuk menyimpan beras agar tidak mudah berkutu anda mesti menggunakan tempat yang tertutup. Seperti tempat plastik atau tempat penyimpanan khusus beras. Tempat yang mudah lembab dan tidak kedap udara maka akan menarik kutu untuk masuk ke dalam beras, maka pastikan hal ini tidak terjadi.

  • Simpan tempat beras kedalam kulkas

Beras termasuk makanan yang bisa bertahan lama di dalam suhu ruangan, maka dari itu anda perlu menyimpan tempat beras kedalam kulkas sekitar satu minggu. Agar telur atau larva dapat mati di dalam beras.

Cara mudah membasmi kutu beras

Jika beras anda telah terserang kutu walaupun disimpan di tempat yang tepat. Maka anda perlu membasminya, ada cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi kutu beras berikut ini.

Jemur beras di bawah sinar matahari

Kutu tidak bisa bertahan di suhu yang panas, maka dari itu untuk membasmi kutu beras kamu sebaiknya menjemur beras dibawah sinar matahari. Maka kutu tersebut akan mati, jika ingin menyimpannya kembali pastikan tempat tersebut sudah bersih dari kutu.

Gunakan daun salam

Anda bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan daun salam sebagai pengusir kutu. Anda perlu menyimpan daun salam ke tempat penyimpanan beras, dengan aroma yang dihasilkan dari daun salam maka kutu tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Simpan beras ke dalam kulkas

Kamu bisa membasmi kutu dengan menyimpan beras di dalam kulkas. Dengan suhu 0 derajat celcius akan membunuh kutu beserta telurnya, dengan menyimpan di dalam kulkas selama 3 samapi 4 hari.

Gunakan baang putih atau jahe

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan bawang putih atau jahe. Bagi kutu beras jahe dan bawang putih tidak di sukai karena aroma kuat yang dihasilkannya membuat kutu menghilang dengan sendirinya di dalam beras.

Menggunakan pestisida yang berbahan kimia

Kamu bisa menggunakan pestisida khusus untuk membasmi kutu beras. Pestisida mungkin berbahaya bagi beras,akan tetapi pestisida yang telah hadir di panca prima wijaya tentu pastinya sangat aman untuk digunakan walaupun terkena beras atau komoditas pangan bagi pertanian. Produk yang ada di panca prima wijaya yaitu FUMIPHOS 56 TB yang berbentuk tablet ampuh membasmi tuntas kutu sampai ke telurnya.

Baca juga : Atasi Masalah Hama Gudang Beras, Fumilikuid Jadi Alternatif Paling Efektif

Kamu bisa menggunakan obat tablet fumiphos untuk membasmi kutu beras. Tablet ini terpercaya 100 persen dapat membasmi kutu beras sampai ke fase telur. Tablet ini sudah teruji efektif dalam mengatasi hama resisten karena memiliki formulasi yang khusus terkandung di dalam fumiphos.

Obat ini  sangat aman bagi lingkungan dan residunya pun rendah dan gampan hilang dengan penganginan. Untuk para pertanian komoditi pangan anda bisa menggunakan tablet fumiphos untuk mengatasi kutu beras atau komoditi lainnya.

Kesimpulan

Beras sudah menjadi tempat munculnya kutu maka dari itu anda mesti memperhatikan penyimpanan beras dengan cara yang tepat agar terhindar dari kutu. Anda juga harus selalu menjaga kebersihan semua jenis bahan makanan yang ada gunakan.

Begini Cara Menyimpan Beras Agar Tidak Mudah Berkutu
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...