Beras Berkutu? Cegah Dengan Cara Ini

BERAS BERKUTU CEGAH DENGAN CARA INI

Kutu Beras, tentu saja masalah ini sangat mengganggu apalagi jika hama kutu beras menyerang gudang penyimpanan beras dalam skala besar. Meskipun tidak termasuk membahayakan, namun kutu beras sangat mengganggu kebersihan beras dan juga dapat membuat beras jadi patah / hancur berserbuk.

Bagi para pengusaha yang menyimpan beras dalam jumlah banyak, kutu beras merupakan salah satu hama yang wajib diatasi agar tidak mengalami kerugian besar karena beras yang disimpan di gudang penyimpanan rusak dan berkutu.

Baca Juga : Waspada! Sebaiknya Baca Dulu Ini Sebelum Atasi Hama Kutu Pangan Di Gudang Atau Silo

Kutu beras juga memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah :

  • Kutu Beras memiliki panjang antara 3 hingga 4, 6 mm.
  • Kutu Beras memiliki tubuh coklat gelap atau coklat kemerahan hingga hitam dengan bercak berwarna lebih terang yang ditemukan di thorax dan perut.
  • Kutu Beras berbeda dari kumbang Lumbung Padi yang tampak serupa yang hampir selalu berwarna coklat gelap padat.
  • Kumbang Padi memiliki hidung panjang yang berbeda yang membentang dari kepala mereka.
  • Anda dapat menemukan Kutu Beras dalam makanan tepung, beras, dan biji-bijian utuh.
  • Larva kutu beras terlihat seperti cacing kecil seperti grub putih.

Tahap Pencegahan Kutu Beras

Inspeksi Kutu Beras : Setelah mengidentifikasi Kutu Beras dengan benar, Anda perlu mengetahui area yang dipenuhi kutu beras. Selama inspeksi, Anda akan fokus pada menemukan masalah ini “hotspot” di mana Kutu Beras umumnya ditemukan. Bagian penting dari proses inspeksi adalah melakukan tampilan terperinci melalui semua produk yang tersimpan di dapur Anda.

Baca Juga : Obat Yang Ampuh Untuk Atasi Kutu Beras

Menemukan produk yang mereka penuhi dan membuangnya sangat penting, tetapi yang terbaik adalah membuang semuanya setelah menemukan barang yang dipenuhi untuk tidak meninggalkan kemungkinan bahwa Kutu Beras berada dalam produk yang Anda anggap aman.

Tempat Memeriksa : Mulailah dengan memeriksa ruang penyimpanan makanan Anda. Periksa dapur, rak, lemari, garasi, dan tempat makanan hewan peliharaan disimpan. Periksa setiap kemasan produk yang memegang pasta, pati, sereal, biji-bijian, tepung, rempah-rempah, rempah-rempah, dan bahkan kemasan makanan hewan peliharaan.

Apa yang Dicari? : Anda mencari produk makanan yang sudah rusak dan Kutu Beras dewasa yang terlihat atau larva Kutu Beras. Jika Anda menemukan wadah makanan yang penuh dengan kutu beras dewasa atau larva mereka maka Anda dapat dengan aman berasumsi Anda telah menemukan sumber infestasi. Setelah Anda menentukan produk makanan yang penuh, di sinilah Anda akan memfokuskan aplikasi perawatan Anda.

Baca Juga : Terbukti! Inilah Cara Ampuh Basmi Hama Gudang

Setelah menemukan Kutu Beras atau larva nya, segeralah memulai proses fumigasi. Fumigasi dapat dilakukan secara mandiri asalkan dilakukan sesuai prosedur yang aman. Fumigasi dengan obat tablet yang terdaftar resmi di Komisi Pestisida Kementerian Pertanian, dan juga sudah memenuhi uji efikasi supaya Anda mengetahui kualitas dari obat tablet yang akan Anda gunakan.

Jangan lupa cek bagaimana penampilan dari obat tablet itu sendiri. Apa tercetak tanggal produksi dan kadaluarsa nya di botol, bukan tercetak di sticker / label, tapi tercetak langsung di botolnya.

Untuk informasi seputar Obat Fumigasi untuk komoditas pangan maupun pakan ternak, Anda dapat menghubungi di kontak WhatsApp 085313200188.

Beras Berkutu? Cegah Dengan Cara Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...