Cara Ampuh Agar Beras Tidak Berkutu

Cara Ampuh Agar Beras Tidak Berkutu

Basmi Kutu Beras – Beras merupakan komoditi pangan yang sering didatangi kutu atau serangga kecil yang dapat merusak mutu pada beras. Kutu beras berasal dari serbuk halus disebut dengan tepung beras dan tepung itulah yang akan melahirkan telur kumbang beras dan menjadi Kutu dewasa. Namun, kutu beras ini memang tidak berbahaya pada tubuh manusia, akan tetapi kehadirannya justru sangat mengganggu dan kutu tersebut juga dapat merusak kualitas pada beras.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara basmi kutu beras yang baik pada penyimpanan beras di gudang maupun penyimpanan beras pada karung.

Cara ampuh basmi kutu beras

Basmi kutu pada beras cukup mudah bagi anda, ada 2 cara yang dapat digunakan dalam basmi kutu beras yaitu dengan cara mengunakan bahan alami dan bahan kimia.

Cara alami basmi kutu

Basmi kutu beras menggunakan bahan alami cukup mudah dan simpel dalam mengaplikasikannya dan bahan tersebut juga mudah didapatkan. Namun, cara ini khusus bagi penyimpanan beras yang dirumah.

Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk basmi kutu beras yaitu daun salam, jahe, bawang putih, kayu manis, dan cengkeh. Kelima bahan tersebut dapat dijadikan sebagai pembasmi kutu pada beras karena bahan tersebut tidak disukai oleh kutu yang mana bahan tersebut menghasilkan aroma yang menyengat, cukup meletakkan salah satu bahan tersebut ke tempat penyimpanan beras yang berkutu.

Selain itu, basmi kutu beras bisa dilakukan dengan cara menjemur dibawa sinar matahari. Karena Kutu beras sama sekali tidak bisa bertahan lama pada suhu yang panas, maka dari itu anda bisa menjemur beras dengan sinar matahari yang benar-benar panas. Pastikan juga saat menjemur beras jauhkan dari tempat yang lembab atau basah.

Cara basmi kutu dengan menggunakan bahan kimia

Jika ingin basmi kutu beras baik itu pada gudang penyimpanan beras maupun penyimpanan beras pada karung bisa menggunakan bahan kimia atau biasa juga disebut dengan Obat Kutu Beras. Namun, anda perlu memilih bahan kimia atau fumigan yang tidak berbahaya bagi lingkungan dan juga kesehatan tubuh manusia.

Salah satu fumigan yang cocok digunakan dan menjadi pilihan nomor satu para pertanian yang terdapat pada panca prima wijaya yaitu fumigan SILOGUD 250 EC dan FUMIPHOS 56 TB.

Insektisida SILOGUD 250 EC  khusus digunakan pada gudang penyimpanan komoditi pangan seperti beras yang ampuh basmi hama atau kutu beras. Karena Silogud ini mengandung bahan aktif metil pirimifos dan sudah terbukti ampuh dalam mengatasi hama resisiten.

Silogud 250 EC ini juga tidak meninggalkan bau atau noda sedikit pun di lantai maupun dinding karena silogud ini memiliki formulai yang bersifat environmental friendly. Jadi pemakaian silogud ini sudah aman digunakan baik dalam penyemprotan maupun pengasapan untuk basmi kutu beras, sehingga para pekerja bisa langsung melanjutkan pekerjaannya kembali.

Residu silogud juga sudah diuji keamanannya pada beras, jadi penggunaan silogud sudah tentu aman dalam basmi kutu beras walaupun cipratan silogud terkena pada beras saat melakukan penyemprotan dalam gudang beras. Jadi, para petani tidak perlu ragu lagi, selain itu silogud ini juga dilengkapi dengan hasil uji residu dan efikasi di lembaga independen biotrop bogor dan telah tercatat resmi di kementerian pertanian.

Sedangkan FUMIPHOS 56 TB bisa digunakan pada penyimpanan beras pada karung dan penyimpanan beras pada rumah anda. Karena fumiphos ini berbentuk tablet yang sangat ampuh dan efektif dalam basmi kutu beras.

Anda tak perlu khawatir dengan penggunaan fumiphos untuk basmi kutu beras, karena fumiphos ini tidak mudah merusak mutu atau zat gizi pada beras, tidak mengubah rasa, aroma atau warna pada beras, residunya pun sangat rendah dan mudah menghilang, dan penggunaan obat tablet kutu beras ini aman terhadap lingkungan dan juga tidak merusak lapisan ozon.

Kontak Panca Prima WIjaya

Jadi, kedua fumigan ini bisa anda gunakan sebagai pembasmi hama atau kutu pada komoditi pangan pertanian terutama pada beras. Itulah cara basmi kutu beras yang ampuh agar beras tidak mudah berkutu hanya dengan menggunakan fumigan pilihan terbaik untuk para pertanian yang bisa di temukan di PT. Panca Prima Wijaya.

Cara Ampuh Agar Beras Tidak Berkutu
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...