Cara Efektif Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Jagung

Cara Efektif Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Jagung

Salah satu masalah pada pertanaman jagung yaitu gangguan hama dan penyakit. Sejauh ini terdapat beberapa jenis hama serangga salah satunya yaitu ulat grayak. Jenis-jenis hama dan penyakit tersebut dapat menimbulkan kerusakan yang cukup berarti pada tanaman jagung, bahkan gagal panen.

Umumnya setiap hama serangga mempunyai inang pada stadia tertentu, ada spesies yang hanya menyerang pada satu fase pertumbuhan saja, tetapi ada juga yang menyerang hampir setiap fase pertumbuhan.

Imago meletakkan kelompok telur yang ditutupi dengan bulu-bulu berwarna coklat muda pada daun. Seekor betina Spodoptera sp dapat meletakkan telur sampai 1500 butir. Tiap kelompok telur terdapat 50-400 butir, Stadium telur berlangsung 3-5 hari (Kalshoven, 1981). Kemampuan meletakkan telur meningkat dengan adanya kanibalisme di antara larva betina.

Baca Juga : Kenali Hama Pada Kacang Tanah dan Cara Pengendaliannya

Kanibalisme ini merupakan kornpensasi dari miskinnya kualitas makanan dan merupakan faktor yang penting dalam dinamika populasi.

Larva muda untuk sementara tinggal pada temp at peletakan telur dan menyerang sccara berkelompok. Pada siang hari, larva bersembunyi di dalam tanah dan aktif menyerang pada malam hari, kecuali S. exempta yang juga aktif pada siang hari.

Pola warna larva berbeda tergantung pada perilakunya. Pada kondisi berdesakan yaitu fase gregarious, larva berwarna gelap dan berprilaku aktif, sedang pada fase solitary, larva berwarna lebih terang dan berperilaku pasif. Larva dapat mencapai panjang 4-4,5 em dengan stadium larva 13-18 hari.

Baca Juga : Lindungi Pakan Ternak Dari Hama Dengan Cara Efektif Ini

Pupa terbentuk dalam tanah dengan panjang stadium sekitar 9 hari. Perkembangan dari telur sampai dewasa padaSpodoptera sp berkisar antara 29-31 hari. Serangga dewasa hidupnya pendek, namun dapat kawin beberapa kali dan meletakkan telur selama 2-6 hari.

Peledakan populasi ulat grayak dapat terjadi secara tiba-tiba dan juga cepat hilang. Peledakan populasi hama tersebut dikarenakan adanya perubahan iklim, terutama periode kering yang diikuti curah hujan dan kelembaban yang tinggi disertai dengan makanan yang melimpah. Seringkali ledakan populasi didahului oleh kondisi yang kurang menguntungkan bagi perkembangan parasitoid dan predator.

Ada beberapa spesies dari genus Spodoptera yang merusak antara lain S. mauritia, S. exempta dan S. litura. Jenis ulat grayak yang sering menyerang dan menimbulkan kerusakan pada tanamanjagung di daerah pasang surut pada umumnya dari genus S. litura.

Baca Juga : Tips Melindungi Benih Di Gudang Penyimpanan

Hama ini merupakan hama yang polifag dapat menyerang tanaman padi, jagung, sorgum dan kacang-kacangan. Daun tanaman dapat dimakan habis sampai hanya tersisa tulang daunnya.

Mengatasi Masalah Hama Ulat Grayak

Untuk mengatasi dan mengendalikan hama ulat grayak yang menyerang, dapat dilakukan dengan 2 metode berikut.

  1. Musuh alami : Beberapa jenis musuh alami ulat grayak ditemukan di lahan pasang surut. Untuk: jenis parasitoid antara lain Apenteles sp., Telenomus rowani, T. schoenobii, Trichogramma sp. dan beberapa jenis tabuhan. Untuk. jenis predator dominan antara lainjenis laba-laba, kumbang karabit sertajenis kepik pemangsa ulat.
  2. Penggunaan Insektisida : Dari efikasi beberapa jenis insektisida terhadap ulat grayak telah didapatkan enam jenis insektisida yang cukup efektif dalam menekan serangan hama ulat grayak pada pertanaman jagung yaitu karbofuran, sipermetrin, karbosulfan, deltametrin, monokrotofos dan diklorvos. Intensitas kerusakan oleh ulat grayak dapat ditekan hingga antara 2,5-6,5%.

Alternatif pengendalian dapat dilakukan dengan penggunaan varietas tahan untuk hama lalat bibit dan penggerak batang. Pengendalian dapat juga dilakukan dengan pengaturan waktu tanam, kultur teknis pemanfaatan musuh alami hama dan penggunaan insektisida sebagai alternatif terakhir.

Untuk informasi seputar Obat Fumigasi untuk komoditas pangan maupun pakan ternak, Anda dapat menghubungi di kontak WhatsApp 085313200188.

Cara Efektif Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Jagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...