Cara Menyimpan Beras dalam Karung agar tidak Berkutu

Cara Menyimpan Beras dalam Karung agar tidak Berkutu

Menyimpan Beras Dalam Karung – Beras merupakan bahan pokok yang sangat penting dalam kehidupan dan beras pun mudah sekali rusak apabila diletakkan di tempat yang kurang tepat.

Maka dari itu perlu anda memahami cara menyimpan beras agar tidak berkutu untuk mendapatkan kualitas yang baik pada beras.

Beras mudah berkutu dan berjamur bisa saja terjadi jika disimpan di tempat yang lembab atau tempat penyimpanan kurang bersih. Sehingga pemicu tersebut dapat merusak kualitas beras.

Walaupun kutu beras tidak berbahaya, namun beras bisa saja kehilangan nutrisinya dan berbau tidak sedap. Jika hal tersebut terjadi maka tidak ada lagi nutrisi di dalam beras.

Apalagi beras yang disimpan dalam karung dengan jumlah banyak maka menyimpannya pun perlu berhati-hati. Karena beras dalam karung mudah sekali terserang oleh hama atau dikenal dengan kutu beras.

Maka dari itu penting bagi anda untuk memahami cara penyimpanan beras dalam karung agar tidak mudah berkutu. Kali ini akan membahas mengenai cara menyimpan beras dalam karung agar tidak kutuan

Cara menyimpan beras di dalam karung agar tidak kutuan

Menyimpan beras dalam karung perlu berhati-hati agar terhindar dari serangan hama. Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara menyimpan beras dalam karung agar tdak terserang oleh kutu beras berikut ini.

Menyimpan beras di tempat yang bersih dan kering

Pemicu datangnya kutu atau berjamur pada beras bisa terjadi jika disimpan di tempat yang salah seperti di tempat yang lembab dan kotor.

Beras ini sangat sensitif terhadap tempat yang lembab jika disimpan disuhu yang rendah maka akan terjadi gumpalan beras dan dari situlah akan berkembang menjadi kutu dan berjamur bisa menyebabkan kerusakan hingga turunnya kualitas beras.

Agar beras tidak kutuan maka jauhkan dari penyimpanan beras di tempat lembab. Hindarkan beras yang bertumpuk dan jangan meletakkan beras dekat dengan dinding.

Rutin membersihkan area ruangan penyimpanan

Beras mudah terserang kutu apabila ruangan penyimpanan kurang bersih. Untuk menyimpan beras agar tidak mudah kutuan maka rutinlah membersihkan ruang penyimpanan. Pembersihan dilakukan dengan metode sanitasi menggunkan bahan kimia dalam mengendalikan hama gudang.

Sanitasi dapat digunakan insektisida silogud panca prima wijaya yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama gudang.

Jadi tujuan dari sanitasi pada ruangan penyimpanan dapat mengendalikan hama gudang pada lantai dan dinding. Sanitasi dapat dilakukan pada serangga merayap atau terbang.

Memperhatikan kadar air beras

Sebelum menyimpan beras dalam karung pastikan untuk selalu memperhatikan kadar air beras. Salah satu beras dapat rusak jika kadar air terlalu tinggi sehingga terjadinya beras pecah dan turunnya kualitas pada beras.

Standar kadar air beras minimal 14 persen jika kurang atau lebih maka itu akan menyebabkan beras rusak.

Melakukan fumigasi terhadap beras

Beras memang sangat mudah terserang oleh kutu terutama menyimpan beras pada karung. Agar beras tidak mudah berkutu atau membasmi kutu dapat dilakukan dengan metode fumigasi dengan menggunakan fumigan.

Fumigasi terhadap beras dapat membasmi kutu dewasa hingga ke fase telur hanya menggunakan fumigan dari PT. Panca Prima Wijaya FUMIPHOS 56 TB. Fumiphos dapat membasmi kutu dewasa hingga ke fase telurnya yang sudah terbukti dan terpercaya.

Cara menggunakan obat fumiphos tablet bisa dalam fumigasi beras yaitu:

  • Susunlah beras karung hingga bertumpuk untuk meletakkan obat tablet fumiphos.
  • Kemudian letakkan obat tablet fumiphos sekitar 2-3 khusus 1 ton beras/komoditas.
  • Setelah itu tutup rapat menggunakan plastik sungkup khusus fumigasi.
  • Diamkan hingga 3 sampai 7 hari agar dapat bekerja maksimal.

Kontak Panca Prima WIjaya

Itulah cara menyimpan beras dalam karung agar tidak berkutu mudah dilakukan. Semoga cara ini dapat membantu anda dan selalu berhati-hati dalam menyimpan beras agar tidak berkutu.

Cara Menyimpan Beras dalam Karung agar tidak Berkutu
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...