Dampak Fumigasi Menggunakan Sulfuryl Fluoride

Dampak Fumigasi Menggunakan Sulfuryl Fluoride

Sulfuryl Fluoride

Sulfuryl Fluoride adalah senyawa anorganik dengan rumus kimia SO2F2 berbentuk gas dengan kandungan SO2F2 (99.8%) dan bahan lain (0.2%).

Sulfuryl Fluoride memiliki sifat yang tahan terhadap hidrolisis bahkan hingga 150 derajat.

Sifat fisiknya sendiri pada dasarnya tidak memiliki bau dan juga tidak berwarna. Sulfuryl Fluoride juga tidak korosif terhadap logam, memiliki kestablian terhadap pencahayaan, dan juga dalam keadaan kering tetap stabil hingga suhu 400 derajat.

Sulfuryl Fluoride jua dapat larut dalam air, begitu pun dengan pelarut organi umum seperti etanol, tuloena, dan karbon tetraklorida.

Senyawa anorganik ini biasanya digunakan untuk kegiatan fumigasi sebagai upaya untuk mengendalikan hama atau organisme pengganggu.

Meski demikian penggunaan Sulfuryl Fluoride masih dibatasi terhadap beberapa komoditi karena bahayanya. Umumnya senyawa ini masih digunakan untuk fumigasi kayu dan juga bangunan.

Bahaya Sulfuryl Fluoride (SF)

Pada pengaplikasiannya sebagai fumigan, SF tidak direkomendasikan untuk bahan pangan. Itu karena bisa meninggalkan residu yang bisa membahayakan manusia ketika dikonsumsi.

Penggunaan Fumigasi Sulfuryl Fluoride pada bahan pangan dengan meninggalkan residu, akan sangat jelas terjadi perubahan warna pada bahan pangan ketika diolah.

Bahan pangan yang sangat rentan terhadap residunya seperti tepung, jagung, beras, gandum, kacang – kacangan, umbi – umbian, dan juga biji – bijian lainnya.

Jenis residu yang dapat ditinggalkan Sulfuryl Fluoride pada bahan pangan berupa inorganic fluoride.

Jika residu ini tertelan oleh manusia, akan berdampak pada gangguan serius terhadap kesehatan, itu menurut Simpson 2015.

Selain berbahaya terhadap bahan pangan, SF juga bisa memberikan bahaya luar biasa jika terpapar langsung ke manusia.

Bahaya Sulfuryl Fluoride Terhadap Manusia

Karena sangat beracun, Sulfuryl Fluoride tentu akan sangat berbahaya terhadap manusia. Apalagi jika terpapar gas.

Bahkan pada kasus tertentu, SF bisa mengakibatkan kematian.

Tanda – tanda awal bisa diketahui jika seseorang terpapar Sulfuryl Fluoride yakni akan merasakan depresi dan juga seluruh badan melesu.

Dari sebuah study, manusia yang terpapar Sulfuryl Fluoride pada konsentrasi lebih dari 500 ppm akan menyebabkan kejang, tremor, dan juga kekauan pada otot.

Dalam penggunaannya untuk fumigasi, senyawa ini sudah banyak digantikan pada fumigasi komoditi pangan.

Saat ini, banyak digunakan untuk fumigasi yakni fosfin cair (PH3).

Fumigan yang berbahan aktif fosfin sudah memiliki merek dagang yang telah diperjual belikan di Indonesia dengan nama Fumilikuid 2 GA.

Kelebihan Fumigasi dengan Fumilikuid

Sebagai fumigan yang aman, Fumilikuid 2 GA diketahui mengandung Fosfin 2 % dan juga karbondioksida (CO2) 98 %.

Fumigan pengganti Sulfuryl Fluoride ini diketahui ramah terhadap lingkungan dan juga tidak merusak lapisan ozon. Itulah mengapa, sejumlah negara telah menyaratkan untuk penggunaan Fosfin pada kegiatan fumigasi.

Kelebihan lainnya adalah aman terhadap komoditas bahan pangan untuk kegiatan fumigasi. Dimana tidak meninggalkan residu pada bahan pangan.

Itulah kemudian direkomendasikan penggunaan Fumilikuid pada komoditas seperti beras, jagung, gandum, tepung, biji – bijian, kacang – kacangan, tembakaui, dan bahan lainnya.

Untuk kemampuannya sendiri dalam membunuh hama atau organisme pengganggu, Fumilikuid sudah teruji kemampuannya. Bahkan terhadap hama resisten sekali pun.

Pengaplikasiannya dalam jangka waktu tertentu, Fumilikuid bisa membunuh hama dewasa, pupa, larva, dan sampai kepada fase telur.

Selain itu, komoditas bahan pangan yang difumigasi dengan Fumilikuid juga kesegarannya akan terjamin. Sebab memiliki kandungan karbondioksida yang tingga dan berguna untuk itu.

Produk ini juga telah resmi terdaftar di Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan juga telah lulus uji efikasi di Seameo Biotrop Bogor.

Kemudian, produk ini telah dilengkapi dokumen MSDS serta memiliki sertifikat COA.

Beli Produk Fumilikuid di Sini

Bagi Anda yang ingin mengganti fumigan Anda dari awalnya Sulfuryl Fluoride menjadi yang berbahan aktif Fosfin, kami rekomendasikan Anda untuk memilih produk Fumilikuid. Agen resminya sendiri di Indonesia yakni PT Panca Prima Wijaya.

Anda bisa melakukan pembelian melalui laman website PT. Panca Prima wijaya di obatfumigasi.com.

Atau Anda bisa menghubungi langsung nomor admin yang ada untuk mendapatkan informasi lengkap terkait produk ini.

Kontak Panca Prima WIjaya

Jika sudah memutuskan untuk membeli produk ini, Anda baiknya menyertakan kode voucher PLP01 agar bisa mendapatkan harga spesial dan juga potongan harga.

Fumilikuid tentu akan memberikan hasil maksimal pada kegiatan fumigas Anda menggantikan sulfuryl fluoride. (*)

Dampak Fumigasi Menggunakan Sulfuryl Fluoride
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...