Fumigasi Kapal Secara Cepat dan Tuntas

Fumigasi Kapal Secara Cepat dan Tuntas

Fumigasi Kapal

Kapal laut dengan segala aktivitas pelayaran yang dilakukan berpotensi besar menjadi tempat bersarangnya beragam jenis hama pengganggu. Itulah kemudian, fumigasi kapal diperlukan agar lingkungan terjaga higienitasnya.

Fumigasi kapal bertujuan untuk membunuh segala jenis organisme pengganggu di kapal. Agar awak kapal bisa terjaga dari penyakit selama pelayaran.

Utamanya kapal penumpang. Higientasnya perlu menjadi perhatian serius, itu karena hilir mudik penumpang dan barang bawaan bisa menjadi media pembawa organisme penggangu ke kapal.

Begitu juga dengan kapal lainnya yang melakukan pelayaran panjang. Higienitas perlu diperhatikan, bukan hanya untuk awak kapal, melainkan menjaga persediaan makanan selama perjalanan.

Bagi kapal angkut, utamanya komoditi, fumigasi kapal menjadi satu syarat utama untuk bisa berlabuh di negara lain. Sebab, dikhawatirkan komoditi yang diangkut terdapat organisme pengganggu.

Itulah pentingnya dilakukan kegiatan fumigasi kapal. Perlu diketahui, jika perusahaan jasa fumigasi kapal juga perlu memperhatikan banyak aspek dalam pelaksanaan fumigasi.

Di sini, direkomendasikan untuk pelaksanaan fumigasi kapal menggunakan jasa perusahaan yang profesional.

Standar Kegiatan Fumigasi Kapal

Dalam pelaksanaan fumigasi kapal, ada beberapa jenis fumigan yang biasanya digunakan. Itu seperti :

  • Metil Bromida (CH3Br)
  • Fosfin (PH3)
  • Karbondioksida (CO2)
  • Nitrogen (N), dan
  • Campuran Karbondioksida dengan Fosfin

Namun, pada umumnya di Indonesia menggunakan dua fumigan yakni metil bromida dan fosfin. Hanya saja, belakangan metil bromida tidak lagi direkomendasikan lantaran sifatnya yang merusak lingkungan.

Itulah kemudian disarankan penggunaan campuran karbondioksida dengan fosfin. Untuk produk ini sendiri, di Indonesia sudah diperjual belikan yakni Fumilikuid.

Fumigan ini sendiri memiliki penetrasi yang sangat baik. Toksisitasnya yang tinggi terhadap berbagai jenis organisme pengganggu dan penggunaannya yang muda untuk kapal.

Berdasarkan rekomendasi International Maritim Organization (IMO), kegiatan fumigasi kapal harus selesai sebelum kapal diberangkatkan.

Kapal juga tidak diperbolehkan berangkat sebelum dinyatakan bebas dari gas pasca pelaksanaan fumigasi.

Persyaratan Fumigasi Kapal

Untuk pelalsanaan fumigasi di kapal, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipatuhi. Persyaratan fumigasi kapal sebagai berikut :

  • Memastikan sistem listrik dan air di tempat pelaksanaan fumigasi bekerja dengan baik.
  • Memiliki pencahayaan cukup yang didukung keberadaan ventilasi.
  • Ruang atau lubang yang saling berhubungan dengan lokasi fumigasi ditutup rapat agar kedap gas.
  • Bagian atau barang yang bisa bereaksi dengan jenis fumigan yang digunakan harus dikeluarkan dari kapal.
  • Memastikan ruang fumigasi tidak lagi dilalui pekerja.
  • Sistem aerasi berjalan baik.

Untuk kapal yang melakukan aktivitas ekspor, harus memperhatikan syarat fitosanitari negara tujuan. Itu seperti jenis dan dosis fumigan, prosedur pelaksanaan fumigasi, ambang batas aman (Treshold Limit Value, TLV), dan deaktivasi.

Penting menjadi perhatian lantaran persyaratan fumigasi setiap negara tujuan berbeda-beda. Tergantung pada jenis organisme pengganggu yang menjadi target dan regulasi yang berlaku di negara tersebut.

Jika syarat di atas sudah terpenuhi, kegiatan fumigasi sudah bisa dilaksanakan.

Jasa Fumigasi Kapal di Indonesia

Pelaksanaan fumigasi kapal yang baik tentu harus melihat perusahaan penyedia jasa fumigasi kapal. Sebab, perusahaan tersebut harus memiliki beragam sertifikat pendukung yang harus dilengkapi.

Kami dari PT Panca Prima Wijaya menyediakan jasa untuk pelaksanaan fumigasi kapal profesional. Didugung fumigator ahli, serta telah tersertfikasi secara internasional.

Untuk mendapatkan jasa fumigasi kapal kami, Anda bisa menghubungi langsung laman website obatfumigasi.com atau menghubungi nomor admin yang sudah ada.

Selain membuka jasa fumigasi kapal, kami di PT Panca Prima Wijaya juga menjual fumigan Fumilikuid yang direkomendasikan pada pengaplikasian. Dimana kandungan Fumilikuid yakni 2 persen Fosfin dan 98 persen karbondioksida.

Untuk mendapatkan harga spesial, Anda bisa menyertakan kode voucher PLP01 ketika Anda melakukan transaksi dan juga menghubungi admin. (*)

Fumigasi Kapal Secara Cepat dan Tuntas
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...