Inilah Keunggulan Fumigasi Menggunakan Fosfin Cair

Keunggulan Fumigasi Fosfin Cair

Fosfin Cair

Pengamanan komoditi selalu menjadi perhatian pengusaha. Itulah kenapa kemudian kegiatan fumigasi sangat penting untuk mencegah dan membunuh hama organisme pengganggu yang ikut pada komoditas.

Fumigan atau obat fumigasi yang kini direkomendasikan untuk kegiatan fumigasi yang memiliki bahan aktif fosfin cair.

Fosfin sendiri merupakan senyawa kimia yang terdiri dari satu atom fosfor serta tiga atom hidrogen. Adapun nama lain fofin yakni fosfina, fosforus hidrida (PH3), dan fosfana (phosphane).

Alasan Pemilihan Fosfin Cair untuk Fumigasi

Ada banyak alasan kenapa fosfin cair atau likuid menjadi pilihan terbaik. Pemilihannya sendiri digunakan sebagai fumigan yakni menjadi alternatif terbaik dan aman bagi komoditas yang tidak direkomendasikan difumigasi menggunakan metil bromida.

Fosfin cair sangat baik penggunaanya terhadap benih tanaman, produk makanan, produk olahan, bahan pangan seperti beras dan biji – bijian yang mengandung protein dan lemak.

Dibandingkan dengan metil bromida yang sangat beracun, fosfin cair relatif aman terhadap komoditas yang mendapat perlakukan fumigasi.

Bahkan, perlakukan fumigasi menggunakan fosfin cair dengan metode pelepasan gas secara berulang tidak meninggalkan residu pada komoditas.

Dimana residu yang tertinggal pada komoditas sangat tidak ditoleransi. Dimana sudah ada standar yang ditetapkan untuk itu.

Nah, dengan penggunaan fosfin cair, tidak lagi dikhawatirkan terkait dengan adanya residu yang tertinggal.

Fosfin Cair Jadi Syarat Internasional

Adapun alasan lain penggunaan fosfin cair pada kegiatan fumigasi, karena sejumlah negara – negara tujuan ekspor telah mempersyaratkan penggunaan fosfin.

Itu karena ion fosfin aman terhadap lingkungan. Bahkan diketahui sebagai zat yang tidak menimbulkan kerusakan pada ozon.

Fumigasi dengan fosfin cair terntu harus memperhatikan sifat – sifat fisik dan kimia yang terkandung. Hal yang perlu diperhatikan di sini seperti kadar air komoditas, jenis komoditas, jenis organisme pengganggu atau hama yang menjadi sasaran fumigasi.

Pemilihan Fosfin Cair Pada Produk Makanan

Alasan memilih fosfin cair untuk fumigasi pada produk makanan menjadi penting sebab bahan makanan diketahui sangat sensitif kaitannya terhadap manusia sebagai konsumen.

Jika menggunakan fumigan tidak tepat pada fumigasi produk makanan, risikonya tentu tidak main – main.

Itulah kenapa fumigasi fosfin dipilih karena :

  • Merupakan senyawa kimia yang sangat toksik terhadap hama atau organisme pengganggu.
  • Memiliki penetrasi yang baik dan seragam dalam membasmi hama.
  • Fosfin cair tidak memiliki efek terhadap aroma, cita rasa, dan warna komoditas atau produk makanan.
  • Penyerapan oleh produk makanan sangat rendah.
  • Tidak meninggalkan residu.

Ruangan Khusus Untuk Fumigasi Menggunakan Fosfin Cair

Perlakuan fumigasi terhadap komoditas, arsip, dan lainnya menggunakan fosfin cair dengan sistem pelepasan gas harus dilakukan di ruang yang kedap udara. Atau membuat tempat fumigasi menjadi kedap udara.

Fumigasi yang dilakukan di ruang yang tidak kedap udara akan mengakibatkan kegagalan fumigasi. Itu disebabkan berkurangnya konsentrasi yang dapat membunuh organisme pengganggu atau hama sasaran.

Selain itu, dapat membahayakan terhadap lingkungan sekitar karena dapat terpapar fumigan yang keluar dari ruang fumigasi.

Dibutuhkan perlakuan khusus, apabila ruang fumigasi tidak kedap udara. Disarankan untuk mengkonsultasikan dengan fumigator profesional.

Merek Dagang Fumigan yang Berbahan Aktif Fosfin Cair

Adapun merek dagang atau fumigan yang berbahan aktif fofin cair di Indonesia yakni Fumilikuid 2 GA dengan kemasan 25 Kg atau kemasan lainnya. Perlu diperhatikan, untuk membeli fumigan, ada baiknya langsung ke distributor resmi dan paham betul akan kegiatan fumigasi.

Fumilikuid sendiri mengandung fosfin (PH3) 2 persen dan 98 persen karbondioksida atau CO2.

Fumilikuid diperdagangkan di Indonesia oleh distributor resminya, PT Panca Prima Wijaya. Anda bisa mengakses laman web resmi PT. Panca Prima Wijaya melalui obatfumigasi.com.

Untuk mendapatkan potongan harga atau harga spesial pembelian atau pun berlangganan Fumilikuid 25 Kg, Anda bisa mengirimkan kode voucher PLP01.

Kontak Panca Prima WIjaya

Semoga kegiatan fumigasi Anda bisa maksimal dengan pengaplikasian fumigan berbahan aktif fosfin cair. (*)

Inilah Keunggulan Fumigasi Menggunakan Fosfin Cair
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...