Mengenal Fumigasi Ekspor Serta Fungsinya

produk panca prima wijaya

Apa Itu Fumigasi dan Fumigasi Ekspor?

Fumigasi

Secara umum fumigasi adalah sebuah metode pengendalian hama atau organisme pengganggu dengan sistem kerja yang cepat. Dalam melaksanakan fumigasi, bisanya menggunakan gas di dalam ruang kedap udara.

Selain itu juga dilakukan dengan dosis tertentu, serta suhu dan tekanan yang sudah ditentukan.

Butuh bantuan Jasa Fumigasi? Hubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk layanan fumigasi, sertifikat fumigasi, pest control maupun untuk produk insektisida terbaik kami.

Dalam pelaksanaannya, fumigasi biasa dilakukan untuk :

  • Fumigasi Gudang
  • Fumigasi Perpustakaan atau Arsip
  • Fumigasi Komoditi
  • Fumigasi Lumbung
  • Fumigasi Kontainer atau Peti Kemas
  • Fumigasi Kapal

 Fumigasi Ekspor

Fumigasi ekspor adalah proses karantina pada komoditi atau material ekspor dengan tujuan untuk mencegah masuk, menyebar, dan mentepatnya hama atau organisme pengganggu.

Pengaplikasian fumigasi ekspor biasanya dilakukan di tiga tempat berbeda. Itu seperti di kontainer atau peti kemas, di kapal pengangkut secara langsung, dan ruang karantina yang disediakan sebelum pemberangkatan komoditi ekspor.

Fumigasi ekspor harus dilakukan perusahaan penyedia jasa fumigasi ekspor profesional. Itu karena dibutuhkan sertifikat fumigasi dari perusahaan yang telah diakui secara resmi Badan Karantina Pertanian, Kementan RI.

alat uji residu pestisida

Fumigasi ekspor berlaku bagi seluruh komoditas pada kegiatan ekspor – impor. Baik itu perlakukan di dalam negeri sebelum pengiriman juga di luar negeri sebelum pengiriman ke dalam negeri.

Apa Tujuan Fumigasi Ekspor?

Fumigasi ekspor merupakan perlakuan kimiawi terhadap komoditi ekspor dengan tujuan utama yakni perawatan terhadap komoditi atau media penyimpanan dalam membebaskannya dari hama atau organisme pengganggu.

Fumigasi ekspor menjadi persyaratan utama ekspor – impor sesusai ketentuan internasional yang telah menjadi kesepakatan bersama seluruh negara dunia yang tertuang dalam, International Plant Protection Convention (IPPC) yang secara langsung merupakan rekomendasi badan perdagangan dunia (WTO).

Tujuan lain dari fumigasi yakni menjaga kesegaran komoditi hingga tiba di negara tujuan. Itulah kemudian penting memilih fumigan yang bisa memberi kesegaran pada komoditas ekspor.

Jenis Fumigan untuk Fumigasi Ekspor

Untuk jenis fumigan pada pengaplikasian fumigasi ekspor, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Sekaligus menjadi dasar pemilihan fumigan paling baik untuk kegiatan ekspor.

Ciri – ciri fumigan yang direkomendasikan untuk fumigasi ekspor seperti :

  1. Memiliki tingkat racun yang tinggi pada hama atau organisme pengganggu.
  2. Memiliki toksisitas rendah pada tumbuhan, manusia, dan organisme lain yang bukan menjadi sasaran fumigasi.
  3. Tersedia di pasaran dan juga murah.
  4. Tidak memberikan dampak buruk terhadap komoditas.
  5. Tidak merusak dalam penggunaan normal, seperti meledak, dan menimbulkan reaksi kimia lainnya.
  6. Mudah menguap dalam penggunaan tepat.
  7. Tidak merusak lingkungan.

Adapun jenis fumigan yang ada saat ini ada beberapa macam masing-masing Fumigasi Fosfin, Metil Bromida, Nitrogen, Asam Sianida, Ethylene Oksida, dan Sulfuryl Floufide.

Rekomendasi Fumigan untuk Fumigasi Ekspor

Untuk fumigan atau obat fumigasi yang direkomendasikan saat ini yakni yang berbahan aktif fosfin (PH3). Fosfin dikenal meliki toksisitas yang sangat baik dalam membunuh hama resisten, serta aman terhadap manusia.

Terkait dengan jenis fosfin, saat ini sudah tersedia pada merek dagang Fumilikuid 2 GA yang memiliki kemasan 25 Kg dengan berat bersih 7 Kg cairan fumigan.

Fumilikuid sendiri mengandung 2 persen fosfin (PH3) dan 98 persen karbondioksida (CO2).

Saat ini, Fumilikuid menjadi sangat populer dan juga direkomendasikan dalam melakukan kegiatan fumigasi ekspor. Itu karena produk ini aman bagi komoditas ekspor, itu seperti tidak merubah rasa, warna, bau, bentuk, dan juga tidak meninggalkan residu pada pengaplikasian fumigasi ekspor.

Fumilikuid juga sudah terdaftar sebagai produk rekomendasi dari Kementerian Pertanian RI melalui Badan Karantina Pertanian.

Juga, Fumilkuid 25 Kg telah berhasil lulus uji efikasi di Biotrop Bogor. Memiliki sertifikat CoA, dan juga dilengkapi dengan dokumen MSDS.

Tempat Pembelian Fumilikuid 25 Kg

Fumilikuid saat ini sudah dipasarkan di tanah air. Agen resmi untuk fumigan ini yakni PT Panca Prima Wijaya yang bisa dilihat pada laman resminya di obatfumigasi.com Anda bisa membeli produknya di website Panca Prima WIjaya yang merupakan marketplace resmi dari distributor resminya.

Jika Anda ingin mendapatkan harga khusus, Anda bisa menyertakan kode voucher pada saat pembelian atau ketika berkonsultasi dengan admin. Kode vouchernya PLP01.

Kontak Panca Prima WIjaya

Semoga kegiatan fumigasi ekspor Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan produk Fumilikuid 25 Kg. (*)

Mengenal Fumigasi Ekspor Serta Fungsinya
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...