Menghilangkan Kutu Beras Dalam Karung Menggunakan Obat Insektisida

Menghilangkan Kutu Beras Dalam Karung menggunakan Obat Insektisida

Beras menjadi makanan sehari – hari atau pokok masyarakat Indonesia yang dimasak dan menjadi nasi. Itulah mengapa perlu menjaga kualitas beras yang akan dikonsumsi.

Baik itu Anda seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) atau Anda sebagai pedagang. Menjaga kualitas beras menjadi wajib. Demikian juga dengan menghindarkan beras dari serangan kutu.

Jika beras terlanjur berkutu, tentu akan sangat susah menghilangkannya dengan cara manual. Tentu banyak cara yang direkomendasikan untuk menghilangkan kutu beras dalam karung.

Ada yang menyarankan menghilangkan kutu yang terdapat dalam karung beras dengan cara alami. Ini dengan menggunakan bahan – bahan yang biasa digunakan di dapur untuk mengusir kutu.

Ada juga yang menyarankan untuk menghilangkan kutu beras dalam karung dengan obat insektisida secara langsung. Tentu yang tidak mengurangi kualitas beras dan berbahaya bagi beras itu sendiri.

Banyak yang bertanya tanya tentang mana cara yang paling efektif untuk menghilangkan kutu dalam karung. Apakah dengan bahan alami atau obat insektisida?

Tapi sebelum kita bahas itu, harus diketahui dulu penyebab kemunculan kutu pada karung beras.

Penyebab Beras Dalam Karung Berkutu

Sebelum membahas mengenai Cara Menghilangkan Kutu Beras Dalam Karung Secara umum, kutu beras yang ada pada karung akan muncul diakibatkan hal ini :

1. Disimpan Lama

Beras yang disimpan dengan waktu yang lama akan sangat berpotensi mengakibatkan kutu beras dalam karung. Apalagi jika cara penyimpanannya tidak benar.

2. Suhu Penyimpanan

Pada suhu – suhu tertentu, kutu beras dalam karung akan muncul. Itulah mengapa jika suhu terlalu panas atau dingin beras dalam karung akan terserang kutu. Suhu yang direkomendasikan yakni suhu ruangan kisaran 11 derajat.

3. Kadar Air Beras

Selain faktor penyimpanan, kadar air juga sangat menentukan kemunculun kutu dalam karung beras. Untuk satu ini biasanya kadar beras yang direkomendasikan kisaran maksimal 14 persen.

4. Beras Terkena Air

Jika beras sudah terlanjur terkena air, ada baiknya jangan disimpan. Sebab, ini tentu akan menjadi penyebab utama kutu beras muncul di dalam karung akan muncul.

5. Disimpan di Wadah Terbuka

Menyimpan beras dengan baik akan menghilangkan kutu beras dalam karung untuk muncul. Tutup rapat penyimpanan beras jika dalam karung, pastikan tidak sobek. Jika di wadah rumah tangga, harus tertutup rapat.

Bagaimana ciri – ciri kutu beras dalam karung muncul

Untuk mengetahui beras dalam karung aman dari kutu ada baiknya mengetahui ciri – cirinya. Itu bisa diketahui dari aroma.

Beras yang berbau apek atau apak biasanya sudah terserang kutu. Juga, ada perubahan warna pada beras, seperti menjadi kekuningan.

Ada juga ciri lain bisa diketahui yakni kutu beras dalam karung sudah menyerang. Itu dengan terdapat semacam tepung bercampur beras. Sebab, tepung itu diakibatkan adanyan kutu dalam karung beras.

Jenis Kutu Beras dalam Karung yang Paling Sering Menyerang

Jenis kutu atau serangga yang kerap menyerang beras di Indonesia ada 17 spesies. Namun, dari jumlah itu ada yang paling umum ditemui masing – masing

  • Corcyra cephalonica (Lepidoptera; Pyralidae)
  • Tenebroides mauritanicus (Coleoptera; Trogosstidae)
  • Cryptolestes ferrugineus (Coleoptera; Cucujidae)
  • Tribolium castaneum (Coleoptera; Tenebrionidae)
  • Rhizopertha dominica (Coleoptera; Bostrychidae)
  • Sitophilus oryzae (Coleoptera; Curculionidae)

Jika Anda sudah mengetahui penyebab dan ciri kutu yang menyerang beras dalam karung telah muncul, kita akan membahas tentang bagaimana mengatasinya.

Cara alami menghilangkan kutu beras dalam karung seperti banyak direkomendasikan yakni menempatkan beberapa jenis rempah di dalam beras. Itu seperti daun jeruk, kayu manis, daun salam, dan beberapa rempah lainnya.

Cara ini dipercaya mampu menghilangkan kutu beras dalam karung. Namun, belum ada penelitan lebih lanjut keampuhan bahan rempah tersebut.

Nah, jika berbicara sertifikasi dan teruji, obat insektisida menjadi jawabannya. Banyak obat insektisida di luar sana diperjual belikan, namun Anda tentu tidak ingin menggunakannya secara sembarang kan.

Kami menyarankan bisa mendapatkan obat insektisida yang aman bagi beras. Juga mampu menghilangkan kutu beras dalam karung.

Juga obat insektisida yang sudah melalui serangkaian uji dan mendapat sertifikasi dari Kementerian Pertanain dan lainnya.

Di sini kami menyarankan untuk menggunakan Silogud 250 EC. Obat insektisida ini sudah terbukti keampuhannya untuk menghilangkan kutu beras dalam karung.

Obat insektisida Silogud 250 EC digunakan dengan metode penyemprotan atau spraying ke sekitar penyimpanan beras. Ini sudah terbukti ampuh menghilangkan kutu beras dalam karung.

Perlu dicatat, obat insektisida Silogud 250 EC tidak boleh disemprotkan langsung ke komoditi.

Kontak Panca Prima WIjaya

Jadi, cukup di sekitar penyimpanan beras, obat akan bekerja membasmi kutu beras dalam karung.

Untuk mengetahui lebih detil tentang keunggulan obat insektisida Silogud 250 EC, bisa melihat langsung di obatfumigasi.com atau dapat menghubungi admin untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. (*)

Menghilangkan Kutu Beras Dalam Karung Menggunakan Obat Insektisida
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...