Perbandingan Mutlak Fumigasi Sulfur dengan Fosfin Cair

Perbandingan Fumigasi Sulfur dengan Fosfin Cair

Fumigasi Sulfur

Fumigasi sulfur dikenal merupakan kegiatan pengendalian hama atau organisme pengganggu dengan metode pemaparan gas atau pengasapan menggunakan sulfuryl fluoride.

Kegiatan fumigasi banyak dipilih sebagai upaya pengendalian hama lantaran lebih cepat membunuh organisme pengganggu.

Fumigasi sulfur sendiri sudah sejak lama digunakan untuk mengendalikan hama utamanya pada kayu kering.

Sulfuryl fluoride (SF) merupakan fumigan memiliki daya penetrasi yang tinggi, cukup mudah diaplikasikan, dan dalam waktu pengaplikasian fumigasi kurang dari 24 jam telah efektif membunuh berbagai jenis hama.

Selain kayu kering, fumigasi sulfur juga kerap digunakan untuk melakukan pengendalian rayap pada bangunan.

Fumigasi sulfur sendiri tidak direkomendasikan penggunaannya pada komoditi tertentu lantaran bisa membawa bahaya akibat residu yang ditinggalkan.

Sifat Kimia Sulfuryl Fluoride untuk Fumigasi Sulfur

Harus diketahui juga tentang sifat fisik dari SF pada penggunannya dalam pengaplikasian fumigasi sulfur. Pada dasarnya, SF tidak reaktif, tidak berbau dan tidak berwarna.

Selain itu, SF juga tidak korosif terhadap logam, stabil terhadap cahaya, dan juga dalam kering tetap stabil hingga suhu 400 derajat celcius.

SF juga memiliki titik didih sangat rendah yaitu -55,2°C pada 760 mm Hg. Kemudian SF memiliki tekanan uap (vapor pressure) sangat tinggi mencapai 17,7 mm Hg pada suhu 25°C. Tidak mudah terbakar dan tidak memiliki titik nyala atau flash point, serta tidak bereaksi dengan material.

SF yang penggunannya pada fumigasi sulfur juga diketahui memiliki sifat yang dapat larut dalam air. Juga larut dengan pelarut organik umum seperti toluena, etanol, dan karbon tetraklorida.

Pengaruh Fumigasi Sulfur Pada Komoditi

Fumigasi sulfur sendiri tidak bisa diaplikasikan pada semua komoditas yang ada untuk mematikan hama.

Terlebih penggunaannya pada bahan pangan. Itu karena akan ninggalkan residu inorganic flouide usai dilakukan fumigasi.

Fumigasi sulfur yang meninggalkan residu pada bahan pangan tentu akan sangat memberi dampak serius  pada kesehatan manusia.

Kalau pun terpaksa dilakukan, penggunaannya sangat ketat.

Perbandingan Fumigasi Sulfur dengan Fosfin Cair

Dari penjelasan di atas, tentu sudah bisa kita ketahui jika ada perbedaan mencolok dari dua jenis fumigan ini. Utamanya dalam hal pengaplikasiannya terhadap komoditi.

Fumigasi sulfur tidak direkomendasikan terhadap bahan pangan. Sementara untuk fumigan berbahan aktif fosfin cair sangat baik untuk bahan pangan.

Fumigasi sulfur diketahui juga dapat meninggalkan residu pada komoditi usai dilakukan fumigasi. Sedangkan, penggunaan fosfin cair tidak meninggalkan jejak atau residu pada bahan pangan.

Itulah kemudian mengapa fosfin cair dipilih sebagai fumigan untuk bahan pangan ketimbang fumigasi sulfur.

Fumigasi sulfur sendiri lebih direkomendasikan pengaplikasiannya terhadap kayu dan juga bangunan untuk pencegahan munculnya rayap.

Meski demikian, fosfin cair juga diketahui sangat baik untuk melakukan fumigasi terhadap kayu dan juga lebih aman.

Dari perbandingan tadi, diketahui jika dengan fosfin cair, Anda bisa melakukan fumigasi terhadap banyak komoditi untuk mematikan organisme pengganggu.

Produk Fumigan Berbahan Aktif Fosfin Cair

Dalam melakukan fumigasi dengan fosfin cair, Anda bisa menggunakan produk Fumilikuid 2GA yang sudah diperjual belikan di Indonesia. Fumilikuid dikenal aman dalam kegiatan fumigasi.

Selain aman terhadap bahan pangan, Fumilikuid lebih baik ketimbang fumigasi sulfur. Itu karena Fumilikuid bisa diaplikasian untuk banyak kegiatan fumigasi.

Juga, Fumilkuid aman terhadap lingkungan dan tidak merusak ozon.

Fumilikuid juga telah secara resmi terdaftar di Kementerian Pertanian Republik Indonseia sebagai fumigan aman untuk pangan. Juga telah lulus uji efikasi.

Kemudian Fumilikuid telah memiliki sertifikat COA dan juga dilengkapi dengan dokumen MSDS.

Beli Fumilikuid Sekarang

Fumilikuid sudah bisa Anda beli sebagai pengganti fumigasi sulfur. Itu Anda bisa dapatkan di distributor resminya yakni PT Panca Prima Wijaya.

Anda bisa menghubungi atau mendapatkan alamat serta kontaknya pada website obatfumigasi.com.

Kontak Panca Prima WIjaya

Bagi Anda yang ingin mendapatkan promo terbaik dalam pembelian Fumilikuid kemasan 25 Kg, anda cukup menyertakan kode voucher PLP01.

Fumilikuid tentu akan menjadi pilihan fumigan terbaik menggantikan fumigasi sulfur. (*)

Perbandingan Mutlak Fumigasi Sulfur dengan Fosfin Cair
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...