Perbedaan Fumigasi AQIS dan Non AQIS

Perbedaan Fumigasi AQIS dan Non AQIS

Fumigasi AQIS

Fumigasi selalu menjadi syarat utama dalam eskpor bahan pangan. Sejumlah negara menerapkan standar berbeda. Bagi yang melakukan ekspor ke Australia, fumigasi AQIS menjadi sebuah keharusan.

Fumigasi AQIS adalah standar yang diterapkan pemerintah Australia melalui Australian Quarantine and Inspection Service (AQIS) yang kemudian disebut sebagai fumigasi AQIS.

Standar yang ada tentu merupakan kesepatan bersama antara Badan Karantina Pertanian (Barantan) dan AQIS.

Dalam pelaksanaannya, fumigasi AQIS hanya diperbolehkan bagi perusahaan yang memiliki sertifikat fumigasi AQIS.

Bagaimana Pelaksanaan Fumigasi AQIS

Untuk fumigasi AQIS, hanya diperbolehkan menggunakan tiga jenis fumigan saja. Masing – masing :

  • Methyl Bromide (CH3Br)
  • Phosphine (PH3)
  • Sulfur (SF)

Dari tiga jenis fumigan yang diperbolehkan, tentu harus mengikuti ketentuan masing – masing fumigan terhadap komoditi ekspor.

Standar fumigasi AQIS sendiri terhadap cargo dalam container dapat dilaksanakan dengan tiga alternatif yang ada seperti :

  1. Peti kemas atau kontainer yang diletakkan dilantau memenuhi syarat :
  • Peletakan peti kemas atau kontainer yang akan difumigasi terletak cukup jauh dari area kerja.
  • Lantai harus rata dan juga kedap udara. Direkomendasikan lantai dengan bermaterian semen atau aspal. Hindari meletakkan kontainer pda paving atau lantai tanah.
  • Memastikan lantai tempat kontainer berada bila hujan tidak terjadi genangan air.

Pada kondisi di atas, tentu dibutuhkan alat berat untuk memindahkan kontainer.

  1. Peti kemas atau kontainer tetap berada di atas mobil trailer. Dilakukan fumigasi bersama dengan trailernya langsung. Dengan demikian akan terjadi penambahan obat fumigan.
  2. Bila dilakukan di gudang atau tempat stuffing tidak memenuhi syarat untuk pelaksanaan fumigasi, maka pengaplikasian fumigasi dapat dilaksanakan di depo yang menyediakan layanan tempat fumigasi.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Fumigasi AQIS

Terkait dengan durasi waktu fumigasi AQIS ada standar yang telah ditetapkan. Dimana tentunya, hal ini melingkupi semua proses yang ada.

Minimal waktu yang dibutuhkan yakni 28 jam dengan rincian sebagai berikut :

  1. Persiapan Fumigasi AQIS

Pada proses fumigasi AQIS ini membutuhkan waktu setidaknya dua jam. Dimana persiapan dilakukan seperti melakukan pemasangan kurungan / tenda fumigasi untuk membungkus kontainer yang akan difumigasi, juga proses pelepasan gas.

  1. Exposure Time Fumigasi AQIS

Proses ini akan membutuhkan waktu panjang. Minimal 24 jam, sebab proses inilah merupakan proses pemaparan gas terhadap komoditi. Pada proses ini akan dilakukan monitoring suhu, tekanan gas fumigan, dan pelakuan lainnya.

  1. Finishing

Proses akhir dari fumigasi AQIS yakni perlakuan pelepasan kurungan atau plastik sungkup, proses aerasi atau penganginan, kemudian penutupan kembali kontainer dan penyegelan.

Perbedaan Fumigasi AQIS dan Non AQIS

Untuk perbedaan fumigasi AQIS dan juga non AQIS terletak pada standar yang ditetapkan. Jika fumigasi AQIS memenuhi standar Australia dengan pelaksanaannya oleh perusahaan yang memiliki sertifikat, maka fumigasi non AQIS adalah proses fumigasi sesuai standar BARANTAN dengan negara tujuan lainnya.

Terkait dengan pelaksanaan fumigasi AQIS mulai berlaku sejak 15 Juni 2004. Dimana perusahaan pelaksana harus telah mengikuti dan lulus skim audit Barantan (SAB).

Penggunaan Fumigan Pada Komoditi Bahan Makanan Fumigasi AQIS

Khusus penggunaan fumigan pada bahan makanan pada fumigasi AQIS, direkomendasikan untuk menggunakan Fumilikuid 2GA 25 Kg. Fumigan berbahan aktif fosfin atau liquid phosphine sebesar 2 % dan karbondioksida 98 % ini sangat baik terhadap bahan pangan.

Selain itu, telah lulus serangkaian uji coba dan mendapat pengakuan sertya terdaftar pada Kementerian Pertanian Indonesia.

Untuk mendapatkan produk Fumilikuid, Anda bisa menhubungi langsung distributor utamanya di Indonesia yakni PT Panca Prima Wijaya. Atau Anda bisa menghubungi nomor admin yang ada.

Kontak Panca Prima WIjaya

Fumilikuid pada pengaplikasiannya untuk fumigasi AQIS sangat baik dan telah memenuhi standar. Untuk mendapatkan harga khusus, ada baiknya Anda menyertakan kode voucher PLP01.

Semoga pelaksanaan fumigasi Anda berjalan baik dan mendapatkan hasil maksimal. (*)

Perbedaan Fumigasi AQIS dan Non AQIS
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...