Tentang Kacang Kedelai yang Menjadi Bahan Pokok di Indonesia

Tentang Kacang Kedelai yang Menjadi Bahan Pokok di Indonesia

Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu tanaman yang berjensi polong-polongan dan menjadi bahan dasar pokok untuk pangan di Asia Timur, seperti tahu, tempe, susu, kecap, dan bahkan telah dikembangkan menjadi susu.

Saat ini, kacang kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati di dunia. Penghasil kacang kedelai utama dunia yakni Amerika Serikat meskipun kacang kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Jenis Kacang Kedelai yang Dibudidayakan

Kacang kedelai yang dibudiyakan saat ini terdiri dari dua sepesies yakni :

  • Glycine max (kacang kedelai putih)

Varietas glycine max sendiri adalah tanaman asli daerah Asia subtropik. Biasanya didati di RRC dan Jepang selatan.

  • Glycine soja (kedelai hitam)

Sedangkan verietas kacang kedelai Glycine soja adalah tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Jenis ini tumbuh dan menyebar di Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Indonesia.

Jenis Stadia Pertumbuhan Kacang Kedelai

Bagi Anda yang ingin menanam atau memproduksi kacang kedelai, baiknya mengetahui tentang stadia pertumbuhan kacang kedelai. Ini terkait dengan tingkat produksi yang maksimal dari tanaman kacang kedelai itu sendiri.

Seperti waktu pemupukan, penyiangan, pengendalian hama penyerang kacang kedelai, dan penyakit tumbuhan kacang kedelai, serta penentuan waktu panen kacang kedelai itu sendiri.

Ada dua stadia pertumbuhan kacang kedelai yakni :

Stadia Pertumbuhan Vegetatif Kacang Kedelai

Stadia ini dihitung sejak tanaman kacang kedelai mulai muncul ke permukaan tanah sampai saat mulai berbunga. Stadia perkecambahan kacang kedelai memiliki ciri-ciri dengan adanya kotiledon, sedangkan penandaan stadia pertumbuhan vegetatif dihitung dari jumlah buku yang terbentuk pada batang utama kacang kedelai. Stadia vegetatif kacang kedelai umumnya dimulai pada buku ketiga.

Stadia Pertumbuhan Rreproduktif Kacang Kedelai

Stadia pertumbuhan reproduktif (generatif) dihitung sejak kacang kedelai mulai berbunga sampai pembentukan polong, perkembangan biji, dan pemasakan biji kacang kedelai.

Pola Budidaya Kacang Kedelai

Kacang kedelai umumnya untuk di Indonesia dibudidayakang di lawah persawahan dan juga lahan kering. Penanaman dilakukan ketika musim penghujang telah berlalu.

Adapun secara garis besar pedoman budidaya meliputi pembibitan, penyiapan benih kacang kedelai, penyemaian benih, kemudan persiapan pengolahan media tanam.

Nah, pengolahan media tanam sendiri meliputi persiapan, pembentukan bedengan, dan pengapuran.

Setelah itu, penentuan pola tanam kacang kedelai. Adapun jarak tanam pada umumnya untuk kacang kedelai berkisar antara 20 – 40 cm, juga 30 x 20 cm, 25 x 25 cm, atau 20 x 20 cm.

Setelah menentukan jarak tanam, perlu juga diperhatikan waktu tanam yang tepat terhadap tanaman kacang kedelai. Itu agar supaya tanaman kacang kedelai tidak terkena banjir atau pun kekeringan.

Umur Kacang Kedelai

Beberapa varietas kacang kedelai memiliki umur pertumbuhan antara 75 hingga 120 hari. Itulah mengapa banyak yang menanam kacang kedelai di penghujung musim hujan yakni saat kondisi tanah sedikit kering tetapi masih mengandung cukup air.

Menjaga Tanaman Kacang Kedelai Dari Serangan Hama

Secara umum, hama tentu akan menjadi penghambat pertumbuhan setiap tanaman. Seperti halnya dengan tanaman kacang kedelai yang tidak kebal terhadap hama. Banyak hama pengganggu yang bisa saja menyerang.

Untuk mengendalikan hama kacang kedelai, dianjurkan untuk menggunakan insektisida yang tepat. Agar kacang kedelai dapat tumbuh dengan baik.

Direkomendasikan dalam pengendalian hama kedelai yakni penggunaan insektisida SILOGUD 250 EC. Insektisida ini sudah dipercaya ampuh dan aman terhadap kacang kedelai.

SILOGUD 250 EC secara umum telah digunakan banyak petani dalam mengendalikan hama. Sebab, insektisida ini telah resmi diakui dan juga terdaftar di Kementerian Republik Indonesia. Serta telah lulus serangkaian uji laboratorium.

Tempat Membeli Insektisida Pembasmi Hama Kacang Kedelai

Bagi Anda yang ingin membeli jenis insektisida ini, baiknya langsung menghubungi distributor resminya. Anda bisa mendapatkannya di obatfumigasi.com. Anda bisa berkonsultasi lanjut terkait dengan penggunaan SILOGUD 250 EC ini terhadap kacang kedelai. (*)

 

Tentang Kacang Kedelai yang Menjadi Bahan Pokok di Indonesia
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...