Waktu yang Tepat untuk Fumigasi Hama di Gudang

Waktu yang Tepat untuk Fumigasi Hama di Gudang

Fumigasi Hama Gudang – Bahan pangan yang disimpan dalam gudang penyimpanan sering sekali terserang oleh hama gudang sehingga menyebabkan kerusakan pada komoditas.

Hama gudang biasanya muncul di area lantai dan dinding akibat ruangan penyimpanan kurang bersih sehingga serangga pengganggu dengan mudah memasuki area dalam gudang.

Hama gudang dapat menyerang berbagai jenis tumbuhan hingga komoditas pangan baik dalam kemasan maupun tidak.  Jika ini terjadi maka para petani akan mengalami kerugian cukup besar.

Sebelum hal ini terjadi setidaknya anda harus mengambil tindakan secepat mungkin untuk mengendalikan hama gudang agar kualitas dan mutu komoditas tetap terjaga.

Salah satu tindakan dalam mengendalikan hama gudang yaitu dengan melaksanakan fumigasi efektfi dan efesien dalam membasmi serangga pengganggu pada gudang.

Pelaksanaan fumigasi gudang pangan

Fumigasi adalah metode pengendalian segala macam jenis hama di gudang efektif dan cepat hanya menggunakan obat fumigasi berbahan kimia dengan cara pengasapan.

Banyak sekali memilih metode ini dalam membasmi hama karena cara ini terbilang sangat cepat dan irit biaya hingga waktu.

Dalam melaksanakan fumigasi untuk membasmi hama harus anda perhatikan jenis fumigan yang cocok dengan tipe hama. Tujuannya agar obat fumigasi dapat bekerja maksimal saat membasmi hama.

Pelaksanaan ini bukan hanya memberantas hama dewasa saja melainkan ke telurnya pun dapat dituntaskan dengan obat fumigasi. Cara ini dapat dilakukan pada komoditas yang akan di impor dan ekspor agar tidak membawa hama berbahaya bagi kesehatan manusia. Disamping itu komoditas akan tetap terjaga kesegarannya apabila dilakukan dengan tepat.

Waktu tepat untuk fumigasi

Pelaksanaan fumigasi harus diperhatikan agar tidak merusak komoditas dan fumigan harus disesuaikan dengan jenis hama yang akan dibasmi. Ini dilakukan agar serangga pengganggu tidak akan mudah kebal terhadap pestisida.

Untuk itu perlu anda perhatikan beberapa pelaksanaan fumigasi dengan benar untuk mengendalikan hama gudang hingga ke fase telur berikut ini :

Pertama, waktu tepat fumigasi sudah ditentukan oleh pihak ketiga yaitu perusahaan dan sudah memilih fumigator profesional dalam mengendalikan hama gudang.

Kedua, menentukan jenis fumigan dengan tipe hama dalam melakukan fumigasi. Sebaiknya anda menggunakan obat fumigasi fumiphos.

Ketiga, memastikan kadar air pada komoditas sebaiknya 14% atau tidak boleh lebih dari 17% dan pastikan juga area tumpukan komoditi tidak basah.

Keempat, tutup bahan pangan menggunakan plastik sungkup khusus fumigasi hingga kedap udara, pastikan tidak ada celah atau lubang sedikit pun agar obat fumigasi dapat bekerja maksimal.

Kelima, letakkan obat fumigasi fumiphos di sela tumpukan karung sebanyak 2-3 tablet. Tablet fumiphos sebaiknya diletakkan pada wadah agar abu yang dihasilkannya saat pelepasan gas tidak berceceran.

Keenam, setelah peletakkan obat fumigasi maka tunggu hingga 3-7 hari untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam membasmi hama gudang.

Waktu pelaksanaannya tergantung pada tipe hama dan ukuran pada bangunan yang akan di fumigasi.

Metode ini dapat dilakukan berbagai jenis komoditas seperti beras, biji-bijian, jagung, tembakau, buahan, sayuran dan masih banyak lagi. Cara ini sangat direkomendasikan untuk melindungi komoditas cepat mengendalikan hama gudang menggunakan obat fumigasi.

Panca prima wijaya telah menyediakan obat fumigasi yaitu FUMIPHOS 56 TB, obat fumigasi berbentuk tablet.

Keuntungan obat fumigasi tablet Fumiphos 56 TB

  • Sangat efisien dalam menuntaskan jenis hama hingga telur kutu. Karena terbukti dapat tuntaskan hama resisten atau hama rhyzoperta.
  • Kaleng fumiphos memiliki kode produksi berbeda dengan merk lainnya, sehingga pengguna aman dan terpercaya.
  • Residunya rendah dan gampang hilang dengan cara penganginan atau aerasi.
  • Tidak merusak zat gizi, warna, rasa dan aroma pada komoditas.
  • Aman bagi lingkungan.
  • Memiliki dokumen lengkap seperti uji efikasi dan sertifikat secara resmi dari kementerian pertanian.

Jadi begitulah cara pelaksanaan fumigasi untuk hama gudang yang perlu dilaksanakan secara hati-hati. Dan jangan lupa menggunakan obat fumigasi fumiphos. Semoga artikel ini dapat membantu.

Kontak Panca Prima WIjaya

Waktu yang Tepat untuk Fumigasi Hama di Gudang
produk panca prima wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas
Mulai Chat
Butuh Bantuan Kak?
Hai Kak, ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan menghubungi kami yah. Cukup klik tombol "Mulai Chat" dibawah ini...